Patut Diakhiri, Ini 5 Tanda Toxic Relationship yang Harus Dikenali

15 Mar 2021

Hitsbae, kamu pasti pernah dengar istilah toxic relationship, kan? Yup, toxic relationship sendiri menggambarkan tanda suatu hubungan yang nggak sehat dan punya dampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang.

Menjalani suatu hubungan yang penuh kasih sayang dan saling menghargai pasangan tentu jadi idaman semua orang ya, Hitsbae. Namun, nyatanya ada sebagian orang yang menjalani hubungan yang nggak sempurna seperti apa yang diharapkan. Diperlakukan nggak adil, menjadi sasaran amarah, serta direndahkan oleh pasangan, itu semua menjadi mimpi buruk dalam suatu hubungan.

Nah, kalau kamu pernah merasakan beberapa hal itu, besar kemungkinan kamu lagi berada dalam toxic relationship, Hitsbae. Sayangnya, masih banyak orang yang nggak sadar kalau mereka lagi terjebak dalam toxic relationship. Padahal, hubungan seperti ini akan membuat salah satu pihak merasa tertekan. Maka dari itu, jangan biarkan toxic relationship sampai berlarut-larut.

Berada dalam kondisi seperti ini bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan, stress, dan depresi. Kalau sudah begini, sebaiknya kamu segera akhiri hubungan yang nggak sehat itu, Hitsbae. Biar kamu nggak terjebak dalam hubungan seperti ini, berikut ini ada beberapa tanda toxic relationship yang harus kamu kenali!

Selalu Dikontrol oleh Pasangan

Pernah merasa pasangan kamu terlalu banyak mengatur kamu, Hitsbae? Kalau pasangan kamu selalu mengontrol kamu, atau memaksakan kehendaknya terhadap hidup yang kamu jalani padahal nggak sesuai dengan keinginan kamu, itu adalah tanda yang paling terlihat jelas dari toxic relationship.

Pasangan kamu juga mungkin akan mengutarakan kalimat yang bikin kamu mau nggak mau harus menuruti keinginannya, seperti “Aku bersikap kayak gini karena aku sayang sama kamu”. Kalau nggak dituruti kemauannya, dia bisa aja menuding kamu nggak sayang. You better not be with this kind of guy, Hitsbae!

Sulit Menjadi Diri Sendiri

Berawal dari sering dikontrol, hal ini akan membuat kamu jadi susah menjadi diri sendiri loh, Hitsbae. Kondisi ini akan selalu membuat kamu bersikap seperti apa yang pasangan kamu inginkan, bukan apa yang kamu inginkan.

Bahkan, buat sekadar berpendapat aja kamu harus berpikir berkali-kali dulu, cuma karena takut apa yang kamu ucapkan nantinya malah menjadi kesalahan di mata pasangan. Yakin pasangan kayak gitu mau dipertahankan?

Baca juga : Bagaimana Sih Ciri-ciri Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama?

Nggak Mendapat Dukungan

Hubungan yang sehat adalah ketika kamu dan pasangan saling supportive satu sama lain. Tapi berbeda sama toxic relationship, yang menganggap setiap pencapaian yang diperoleh pasangan adalah suatu kompetisi.

Bahkan, biasanya pasangan malah nggak senang tuh melihat kamu berhasil melakukan sesuatu yang seharusnya bikin dia bangga. Alih-alih dapat dukungan dan apresiasi, kamu malah dapat kritik yang nggak membangun. Kalau begini sih, yang ada malah menghambat kesuksesan kamu, Hitsbae.

Selalu Dicurigai dan Dikekang

Rasa cemburu dalam suatu hubungan itu sebenarnya reaksi yang normal. Tapi, kalau cemburu sudah berlebihan sampai membuat pasangan melakukan hal yang ekstrem, seperti menyita handphone atau melabrak orang yang dicemburui, itu jelas sangat toxic, Hitsbae.

Hubungan menjadi sangat toxic kalau pasangan sudah terlalu posesif, apalagi kalau pasangan selalu mau tau tentang segala kegiatan sehari-hari kamu dan bakal marah kalau WhatsApp-nya nggak segera dibalas.

Menerima Kekerasan Fisik

Selain kekerasan verbal yang sebelumnya sudah dijelaskan, suatu hubungan juga dikatakan toxic kalau sampai ada kekerasan fisik di dalamnya, Hitsbae. Ciri-ciri pasangan yang nggak sehat secara emosional biasanya akan “main tangan” kalau terjadi perselisihan dalam hubungan. Apapun konfliknya, kamu pasti paham kalau kekerasan fisik nggak bisa dibenarkan, ya. That’s a big no-no!

Kalau sudah terjebak dalam toxic relationship, biasanya akan berpotensi kehilangan rasa percaya diri dan kebahagiaan. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental maupun fisik. Oleh karena itu, penting banget buat mengenali tanda-tanda toxic relationship dan langsung ambil keputusan tepat kalau hal itu terjadi pada hubungan kamu, Hitsbae.

Keluar dari toxic relationship nyatanya memang nggak mudah. Namun, kamu harus ingat bahwa mencintai diri sendiri dan memikirkan masa depan itu penting. Sebesar apapun rasa sayang kamu terhadap pasangan, percaya deh kamu itu pantas bersama dengan orang yang bisa menghargai, menghormati, dan menyayangi kamu dengan tulus, Hitsbae!

 

Source: https://www.alodokter.com/hati-hati-ini-tanda-kamu-terjebak-dalam-toxic-relationship

Share