5 Kalimat Ini Harus Diucapkan dalam Sebuah Hubungan yang Sehat!

7 Jun 2021

Punya hubungan yang selalu dipenuhi hal-hal indah pastinya jadi impian banyak orang, tapi nyatanya di dalam sebuah hubungan pasti pernah merasakan masa sulit. Kamu begitu nggak, Hitsbae?

Kalau kamu memasuki fase sulit dalam hubungan tersebut, salah satu cara untuk mempertahankan hubungan adalah dengan saling berkompromi. Selain itu, kemampuan untuk mengontrol diri dan komunikasi yang sehat juga menjadi kunci untuk mempertahankan sebuah hubungan.

Nah, untuk membuat kamu dan pasangan bisa melalui masa-masa sulit yang penuh amarah, ada beberapa kalimat dan kata yang penting diucapkan di sebuah hubungan, Hitsbae. Jika digunakan secara tulus dan berulang, kata dan kalimat ini bisa membuat hubunganmu dan pasangan jadi lebih bahagia dan penuh kejujuran.

“Tapi”

Dari sejumlah tes yang dilakukan para psikolog, ditemukan bahwa kunci dari sebuah hubungan yang sukses adalah saat pasangan mengetahui apa aja sifat positif dari pasangannya. Termasuk ketika sedang mengutarakan keluhan atau rasa kesalnya.

Contoh dari penerapan kata “tapi” ini antara lain: “Kamu adalah pria yang baik dan pengertian, tapi dalam hal ini aku merasa kamu jadi sedikit egois dari biasanya.”

“Aku minta maaf”

Meminta maaf kepada pasangan kadang masih menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, padahal ini kalimat yang penting banget diucapkan dalam sebuah hubungan, Hitsbae! Permintaan maaf yang tulus bisa membuat hubungan yang memanas jadi lebih tenang, serta meredakan rasa sakit hati dan kesal.

Contohnya seperti: “Aku minta maaf udah mengatakan beberapa hal yang nggak sepantasnya tadi. Aku benar-benar nggak bermaksud bikin keadaan jadi semakin memburuk.”

“Terima kasih”

Ucapan terima kasih tentunya udah menjadi kalimat yang sering diucapkan sehari-hari. Dalam survei yang dilakukan oleh University of Georgia menemukan bahwa rasa syukur dan kalimat terima kasih yang sering diucapkan, menjadi kunci atas pernikahan yang langgeng.

Jadi, alangkah baiknya kalau kamu selalu mengapresiasi pasangan dengan mengucapkan terima kasih dalam hal-hal kecil yang mereka lakukan.

Atau contoh lainnya seperti: “Terima kasih udah sabar mendengar alasan dari sudut pandangku.”

“Aku salah”

Dalam sebuah hubungan yang sehat, kamu perlu untuk melihat berbagai hal dari perspektif pasanganmu, Hitsbae. Selain itu, kita pun harus bisa belajar untuk mengakui kesalahan yang dilakukan.

Contohnya seperti: “Aku tau aku salah, karena terlalu marah pada hal-hal yang sepele.” atau “Aku merasa bersalah udah meninggikan suara ke kamu tadi.”

“I love you”

Nah, kalau kalimat ini pastinya udah sering kamu dengar dari pasangan, Hitsbae. Nggak hanya sekadar ungkapan sayang, namun kalimat “I love you” sangat penting diucapkan kepada pasangan. Kalau kamu mengucapkan kalimat ini secara rutin, terutama saat kamu merasa sedang bahagia dan perlu mengucapkannya pada pasangan.

Contohnya: Tatap mata pasanganmu dan ucapkan “Aku sangat mencintai kamu dan sungguh ingin kamu mengetahuinya.”

Itulah beberapa kata dan kalimat yang ternyata penting banget diucapkan dalam sebuah hubungan. Jangan lupa diterapkan di hubungan kamu dan pasangan ya, Hitsbae!

 

 

Source: https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/5/2021/24879/5-kata-kalimat-yang-penting-diucapkan-dalam-sebuah-hubungan

Share