Hari Kartini: Siapa Saja Sosok Kartini Masa Kini Indonesia?

21 Apr 2021

Selamat Hari Kartini, Hitsbae!

Kamu pasti mengenal sosok RA Kartini, bukan? Setiap tanggal 21 April, kita biasa merayakan hari tersebut karena perjuangan sosok RA Kartini dalam jasanya untuk kaum perempuan Indonesia. Atas segala perjuangan dan pengorbanan Kartini membela hak wanita Indonesia guna mendapatkan pendidikan yang layak dan perlakuan adil.

Nggak hanya dikenal sebagai sosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, tetapi Kartini juga menjadi sosok yang menginspirasi berbagai generasi wanita di Indonesia. Di jaman yang modern ini pun, kamu bisa menemukan sosok “Kartini” dalam diri beberapa wanita masa kini Indonesia berikut ini, Hitsbae. Siapa aja, ya? Simak ulasannya, yuk!

Susi Pudjiastuti

instagram.com/susipudjiastuti115

Siapa sih yang nggak kenal dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan satu ini? Yup, sosok Susi Pudjiastuti dikenal karena gaya dan perilakunya yang cukup nyentrik. Masa lalu beliau pun terbilang berbeda loh, Hitsbae. Saat kelas 2 SMA, Susi terpaksa dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya di gerakan golput.

Namun sejak saat itu, beliau memutuskan untuk nggak melanjutkan bangku pendidikan dan memilih untuk berbisnis. Berawal dari modal bisnis sebesar Rp. 750 ribu hasil menjual seluruh perhiasannya untuk menjadi pengepul ikan di daerah tempat tinggalnya. Bisnisnya pun semakin berkembang, hingga akhirnya beliau berhasil mendirikan Maskapai Penerbangan SUSI AIR yang dioperasikan oleh PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Nggak mudah menjabat sebagai Menteri, bahkan karena gayanya yang unik dan nyentrik membuat sosok Susi Pudjiastuti kerap menjadi sorotan kritikan publik, beliau dianggap nggak sanggup menjalankan tugasnya hanya karena lulusan SMP. Namun, ia adalah sosok wanita berkarakter yang tegas dan berani.

Bahkan, dalam masa kepemimpinannya, beliau nggak ragu mengambil langkah ekstrem demi menjaga dan melindungi sumber daya laut Indonesia. Keren banget kan, Hitsbae?

Sri Mulyani Indrawati

instagram.com/smindrawati

Selain mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, sosok wanita ini juga merupakan Menteri di Indonesia, Hitsbae. Yup, betul, Sri Mulyani Indrawati yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan memiliki banyak prestasi besar, salah satunya adalah beliau menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) periode Juni 2010 hingga Juli 2016.

Baca juga : International Women’s Day, Kenalan Sama 4 Wanita Muda Inspiratif, Yuk!

Nama Sri Mulyani bisa dikatakan berhasil melejit karena pemikiran dan strategi ekonominya yang mampu membawa perekonomian Indonesia tetap stabil. Bahkan, tindakan heroiknya tersebut menjadikan beliau sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes dan Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi majalah Emerging Markets pada tahun 2008.

Merry Riana

instagram.com/merryriana

Sosok wanita satu ini namanya semakin dikenal setelah film yang diadaptasi dari bukunya berhasil menembus angka Box Office untuk film Indonesia. Ia adalah Merry Riana, seorang pengusaha, motivator, dan penulis terkenal di Indonesia. Kamu pasti udah nggak asing lagi kan dengan sosoknya, Hitsbae?

Menjadi korban dari Kerusuhan 1998, Merry Riana yang pada saat itu masih berusia 18 tahun dikirim oleh ayahnya ke Singapura untuk melindungi dia dari kerusuhan tersebut. Dengan uang terbatas, Merry harus bertahan hidup di negara orang seorang diri. Ia akhirnya melanjutkan pendidikan di salah satu Universitas di Singapura, demi bisa mendapatkan tempat tinggal yaitu asrama di tempatnya kuliah.

Berbagai cara dilakukan olehnya agar bisa tetap bertahan hidup di Singapura. Ia rela menjalani lebih dari 2 pekerjaan sekaligus agar bisa memenuhi kebutuhan hidup, membayar uang semester kuliah, serta mencicil hutangnya pada universitas. Ia pun menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil, hingga di usianya yang ke 26, ia berhasil menyandang predikat miliarder muda Indonesia karena kesuksesannya tersebut.

Angkie Yudistia

instagram.com/angkie.yudistia

Wanita kelahiran Medan, yang juga menjadi sosok kartini masa kini adalah Angkie Yudistia, seorang CEO dan Founder dari perusahaannya sendiri bernama Thisable Enterprise yang menjadi rumah untuk para penyandang disabilitas yang juga ingin sukses menjadi seorang pengusaha.

Angkie Yudistia divonis oleh dokter menjadi tunarungu saat usianya 10 tahun. Hal ini tentu menjadi mimpi buruk, Angkie kecil pun kesulitan berkomunikasi dengan teman sebayanya dan harus menggunakan alat pendengaran ke mana-mana. Namun, berkat dorongan semangat dari keluarga, ia memiliki tekad kuat untuk menyelesaikan pendidikannya dan mampu meraih berbagai prestasi.

Berkat segala prestasi yang diraihnya, Angkie berhasil menjadi sosok yang menginspirasi para penyandang difabel, bahwa kekurangan yang dimiliki bukanlah halangan untuk meraih kesuksesan di bidang apapun. Bahkan, pada tahun 2019, ia juga diangkat menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo, loh! Wah, sangat menginspirasi ya, Hitsbae!

 

 

Source: https://www.cermati.com/artikel/7-kartini-indonesia-masa-kini-siapa-saja-mereka

Share