Cara Meningkatkan Produktivitas Diri yang Paling Efektif

9 Mar 2021

Terlalu sering di rumah akibat pandemi, malah bikin produktivitas diri kamu jadi menurun, Hitsbae? Padahal nggak bagus juga loh kalau terlalu banyak bersantai, lebih baik kamu meningkatkan produktivitas diri selama di rumah. Simak cara yang efektif berikut ini, yuk!

Selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia dan beberapa negara di dunia, aktivitas seperti belajar dan bekerja pun terpaksa harus dilakukan di rumah. Hal ini tentu membuat kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tapi, jangan karena di rumah aja, kamu malah jadi banyak bersantai dan nggak produktif ya, Hitsbae.

Walaupun kamu harus melakukan berbagai aktivitas dari rumah, produktivitas juga perlu ditingkatkan. Dalam satu hari, kita punya waktu beberapa jam, maka dari itu kamu harus bisa mengisi waktu tersebut dengan hal-hal yang sesuai kemampuan kamu, Hitsbae. Kamu butuh komitmen dan kesediaan untuk mengelola waktu dengan baik.

Ada pepatah yang mengatakan, bukan seberapa banyak waktu yang kamu curahkan untuk pekerjaan, tapi seberapa banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan dalam waktu terbatas. Jadi, kalau kamu mau meningkatkan produktivitas yang udah mulai menurun, kamu bisa mencoba beberapa cara yang efektif berikut ini, Hitsbae.

Istirahat Teratur

Kalau kamu lagi punya banyak tugas yang dikasih dosen dari kampus, atau pekerjaan yang menumpuk dari kantor, usahakan jangan terlalu memforsir tenaga buat melakukan itu semua dalam satu waktu ya, Hitsbae. Gunakanlah sedikit waktu buat beristirahat.

Baca juga : International Women’s Day, Kenalan Sama 4 Wanita Muda Inspiratif, Yuk!

Bekerja tanpa henti belum tentu bisa meningkatkan produktivitas, karena otak dan tubuh memerlukan istirahat pendek buat kembali meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan memori. Jadi, maksimalkan efisiensi kamu dalam mengerjakan aktivitas tadi dengan sering mengambil waktu istirahat pendek buat menyegarkan dan mengisi ulang tenaga kamu, Hitsbae.

Menetapkan Prioritas

Kamu punya banyak aktivitas yang harus dikerjakan dalam satu waktu, Hitsbae? Nah, kamu harus bisa belajar menetapkan prioritas aktivitas mana yang harus dilakukan terlebih dulu. Cobalah untuk mendorong produktivitas kamu dengan berfokus kepada satu aktivitas pada satu waktu.

Kamu bisa gunakan alarm pengingat buat memastikan kalau kamu nggak kehilangan waktu dalam prosesnya. Jadi, jika satu tugas udah selesai, maka kamu bisa beralih ke tugas lainnya. Nyatanya, otak manusia nggak terhubung dengan multitasking karena hal itu justru mengurangi kadar produktivitas sebanyak 40%. Alasannya karena terlalu banyak tugas di hadapan yang membatasi fokus.

Buat Rencana Kegiatan di Malam Hari

(image source: unsplash.com/@goranab)

Punya jadwal tugas, pekerjaan, atau aktivitas yang banyak keesokan hari, Hitsbae? Coba buatlah daftar aktivitas yang bisa membuat kamu tetap teratur dan fokus, buat juga rencana kegiatan di malam hari sebelumnya tentang apa aja yang mau kamu capai esok hari. Ini bisa menjadi salah satu alat produktivitas yang sangat membantu.

Bikin activity plan sebelum tidur bisa membuat pagi kamu lebih menyenangkan loh, karena kamu udah tau apa yang akan dilakukan sepanjang hari. Namun, buatlah daftar kegiatan yang realistis dan sederhana, karena kalau terlalu banyak justru bikin kamu bingung dan kewalahan nantinya.

Hilangkan Gangguan Digital

(image source: unsplash.com/@jennyueberberg)

Ayo ngaku, kamu termasuk orang yang nggak bisa lepas dari gadget bukan, Hitsbae? Kira-kira, berapa banyak waktu yang kamu habiskan buat sekadar menjelajah media sosial yang nggak ada kaitannya sama tugas kuliah atau pekerjaan?

Baca juga : Hari Kartini: Siapa Saja Sosok Kartini Masa Kini Indonesia?

Walaupun kegiatan bermedia sosial itu nggak buruk, tapi kalau terus menerus memeriksa handphone buat update media sosial, itu bukanlah produktivitas yang kamu inginkan dan nggak perlu dilakukan. Sebaiknya kamu tetapkan batas jumlah waktu yang bisa dihabiskan di media sosial, Hitsbae.

Nah, beberapa hal tadi bisa membantu kamu buat meningkatkan produktivitas diri dengan cara efektif. Biar kamu semakin produktif, lengkapi aktivitas sehari-hari kamu dengan menggunakan parfum Pucelle Audacity Le Parfum varian Glimmery, Valorous, dan Ascendant, Hitsbae! Cek produknya di sini!

 

Source:

https://visecoach.com/articles/read/cara-simpel-meningkatkan-produktivitas-diri

Share