Resolusi Anti Menunda Pekerjaan

2 Mar 2020

Tahun baru 2020 udah lewat nih, Hitsbae! Pasti kamu udah punya resolusi, kan? Ngomongin soal resolusi nih, pasti setiap orang punya resolusinya masing-masing. Tapi, nggak jarang tiap resolusi cuma berakhir dengan resolusi tanpa jadi wujud aksi. Kira-kira apa ya penyebabnya? Bisa jadi penyebab terbesarnya adalah suka menunda-nunda atau istilah umumnya adalah procrastinating. Seperti yang kita tahu budaya procrastinating adalah sifat yang suka menunda-nunda suatu pekerjaan, kegiatan, dan termasuk juga dalam mewujudkan resolusi. Pikiran-pikiran ‘ah masih awal bulan’, ‘nanti deh masih sibuk’ yang berulang-ulang tanpa terasa kamu akan ada di ujung tahun dan akan bertindak sama di resolusi tahun depan. Sudah pasti resolusi bakal cuma jadi resolusi. Apa aja sih yang suka membuat kamu nunda pekerjaan ini? 

Kali ini, Pucelle mau ngebahas lebih lanjut penyebab dan dampak yang mengganggu kamu buat mewujudkan resolusi tahun 2020.

 

Mood

Mood jadi alasan yang paling kuat dalam menunda pekerjaan ‘Nanti deh lagi gak mood,’ nah kalo udah gitu pasti berakhir dengan nggak ngelakuin apa-apa soal resolusimu. Padahal kalau diikutin berdasarkan mood pasti nggak bakal selesai setiap harinya. Iya nggak nih, Hitsbae?

 

Menyepelekan

Mungkin kalian menganggap resolusi bisa dimulai kapan aja. Padahal, tergantung dari resolusimu juga. Kalau resolusimu untuk menurunkan berat badan, masuk perguruan tinggi yang diinginkan, atau bisa jadi karyawan teladan mungkin kamu harus mulai sejak awal. Soalnya, dalam mengerjakan sesuatu tidak ada yang instan begitu juga dengan resolusi. ‘Ah nanti deh’, ‘Gampang kok, nanti juga cepet selesai’ kalimat ini yang paling sering keluar. Kalo udah begini, kapan kamu bisa mewujudkan resolusi tahun baru? Yuk, coba buat nggak menyepelekan kegiatanmu, Hitsbae! 

 

Kurang Konsisten

Kalo yang ini buat kamu yang baru mulai menjalani resolusi. Sifat nggak konsisten ini juga termasuk menunda-nunda, karena kamu nggak serius ngejalanin resolusinya. Seperti kamu punya resolusi untuk aktif nge-gym di tahun ini dan mau punya hidup sehat. Kamu udah ngelakuin resolusi itu sebentar, tapi dengan berbagai alasan kamu berhenti untuk melakukan itu. Misalnya, kamu mulai niat untuk menurunkan berat badan. Setelah beberapa hari kamu merasa nggak mood lagi atau merasa sudah lebih kurus dari sebelumnya. Dengan begitu, kamu mulai menyepelekan dan akan menunda untuk melanjutkan resolusimu lagi. Kalau kamu berhenti, resolusi itu akan jadi resolusi lagi di tahun depan. 

 

Nah, sekarang Hitsbae sudah tahu soal efek dari menunda pekerjaan, kan? Jangan sampai kamu menunda pekerjaan, ya! Jadikan tahun ini sebagai waktu yang tepat mewujudkan resolusimu. Good luck, Hitsbae!

Share