Let’s Find Out Your Passion!

1 Apr 2020

Passion sering menjadi kata kunci saat kamu sedang ingin mencari pekerjaan, melakukan hobi bahkan menentukan jurusan kuliah. Kamu sering dengar ketika teman atau bahkan keluargamu bilang “coba cari tau apa passionmu”. Tapi, masalahnya mungkin kamu juga masih bingung apa yang ingin kamu kejar. Mencari passion itu susah-susah gampang, Hitsbae. Ibaratnya, passion itu bukan hanya soal mencari tau hal yang kamu suka. Tapi, bisa juga menentukan tujuan dan kebahagiaan hidupmu. Jadi, supaya bisa lebih mudah mencari passionmu, kamu bisa coba tips-tips berikut ini;

Tanya Orang Terdekatmu

Bertanya dengan orang-orang terdekatmu bisa jadi salah satu cara loh, Hitsbae. Orang-orang terdekat biasanya bisa memberitahu apa yang menjadi kelebihan dirimu. Seperti saat kamu bertanya pada keluargamu, “kira-kira aku pandai dalam hal apa ya?” mereka bisa menjawab “kamu itu pandai berbicara di depan umum, kamu cocok untuk menjadi penyiar lho” atau ada jawaban berbeda saat kamu bertanya pada sahabatmu, “kamu itu punya referensi musik yang bagus, kenapa nggak belajar musik aja?” Dari jawaban-jawaban itu bisa kamu jadikan referensi sebelum kamu pikirkan lebih jauh. 

Mencoba Banyak Hal

Salah satu kunci dari menemukan passion adalah dengan banyak mencoba. Semakin banyak hal yang kamu coba, kamu bisa menggali potensimu lebih jauh lagi. Kamu bisa mulai untuk mencari tau secara otodidak ataupun mengikuti sebuah komunitas. Ketika kamu mulai mencoba banyak hal, kamu bisa menemukan passion yang selama ini nggak kamu kira, lho! Seperti tadinya kamu berpikir kamu hanya bagus dalam bernyanyi. Ternyata, setelah mencoba hal lain kamu juga punya potensi dalam memasak. Setelah mencoba banyak hal baru, mungkin kamu akan mendapatkan pelajaran baru. Dari sini, kamu bisa menilai yang cocok dengan minatmu! The more you try the more you know!

Jangan Terpengaruh Dengan Tren

Hitsbae, dalam menemukan passion pastikan hal yang kamu lakukan bukan cuma sekedar ikutan trend saja. Misalnya, kamu mengikuti trend menjadi food vlogger. Pada awalnya kamu merasa itu adalah hal yang menyenangkan, namun setelah beberapa lama kamu malah merasa jenuh. Nah, bisa jadi itu bukan passion yang kamu tuju, Hitsbae! Instead of doing what most people love, you just have to do what you love!

Dari tiga hal yang sudah kamu lakukan tadi, keputusannya tetap ada pada dirimu. Kamu bisa mulai bertanya pada diri sendiri. Apakah pendapat orang lain mirip dengan apa yang kamu rasakan? Apakah di antara hal yang kamu coba ada yang kamu suka? Atau apakah hal yang kamu suka itu cuma sekedar trend? Kalau di antara itu ada yang nggak cocok denganmu, kamu boleh mengabaikannya. Kuncinya cuma mencocokan dengan yang kamu rasakan, Hitsbae. If you like it then go for it

Share