Happiness Is Your Decision

31 Aug 2020

Hitsbae, pernah nggak, tiba-tiba kepikiran “apa aku bisa bahagia dengan diri sendiri?” Mungkin, pikiran tersebut muncul karena kamu merasa capek harus menjalani segalanya sendirian. Jadinya, muncul keinginan buat ada seseorang yang bisa menemani kamu. Saat perasaan tersebut muncul dan berhasil menemukan seseorang yang tepat, maka secara tidak sadar kamu telah menggantungkan kebahagiaan padanya. Padahal, kebahagiaan diri sendiri adalah tanggung jawabmu, Hitsbae! Kalau kamu menggantungkan kebahagiaan pada orang lain, maka kebahagiaan yang didapat juga nggak akan selamanya ada. Soalnya, orang-orang yang mau dengar cerita kamu, nggak akan ada setiap saat di sampingmu. Bukan berarti kamu nggak butuh orang lain. Tapi, kalau mau kebahagiaanmu terus ada, tentunya kebahagiaan itu harus berasal dari dirimu. Yuk, mulai belajar buat membahagiakan diri sendiri, Hitsbae!

Don’t Expect Too Much
The secret to happiness is to not expect too much. Pernah dengar ungkapan itu? Jangan banyak berharap apalagi sama orang lain, kalau mau bahagia. Everybody is just an ordinary human. They can change their heart and mind anytime. Don’t put your expectation to them. Saat kamu menaruh harapan pada seseorang, secara tidak sadar kamu telah menggantungkan kebahagiaan juga. Soalnya, saat harapan yang ditanam pada orang tersebut tidak tercapai, bisa jadi kecewa. Misalnya kamu merasa minder dengan penampilan make up dan butuh pujian untuk yakin bahwa penampilanmu memang sudah oke. Secara nggak sadar, kamu sudah menyimpan harapan pada orang lain untuk memuji tampilan make up-mu. Ketika mereka tidak memujinya, tentu kamu akan sedih. Yuk, coba bareng-bareng buat nggak berharap terlalu banyak! Apalagi berharap sama seseorang. Careful, expectation sometimes, kills!

Keep Trying
Mandiri bukan berarti sama sekali nggak minta tolong ke orang lain. Kamu boleh kok ngajak teman buat jalan-jalan pas lagi sedih, cerita sama orang tua tentang sulitnya materi kuliah, atau ngeluh ke pacar soal kerjaan di kantor yang menumpuk. Boleh kok, Hitsbae! Asalkan kamu udah coba sekuat tenaga buat menyelesaikan masalah tersebut, ya! Kamu nggak akan tahu kalau belum coba menyelesaikannya terus-menerus. Jadi, cobalah terus sekuat tenaga! Siapa tau masalahnya bisa selesai atas usahamu sendiri, kan?

Acceptance Is The Key
Menerima diri sendiri adalah kunci dari kebahagiaan, Hitsbae! Kalau kamu sudah bisa menerima diri sendiri, rasa minder juga ikut hilang. Jadinya, kamu nggak perlu pengakuan lagi dari orang lain hanya untuk merasa bahagia. Misalnya, kamu merasa kurang percaya diri dengan ukuran tubuh yang besar. Hal ini bikin kamu merasa nggak punya banyak pilihan pakaian yang cocok. Akhirnya kamu merasa terus butuh pujian dari orang lain biar percaya diri sama penampilanmu. Padahal, kalau kamu menerima diri apa adanya, baju apa pun yang dipakai nggak akan jadi masalah selagi kamu merasa nyaman. Pstttt…Hitsbaae, to feel more comfortable with yourself, you can spray your confidence with Pucelle Eau De Luxe Body Spray! You don’t need recognition from others to feel happy. You only need to accept yourself.
Manusia memang saling membutuhkan, Hitsbae. Tapi, bukan berarti menggantungkan seluruh kebahagiaanmu pada orang lain! Kebahagiaan nggak akan mudah hilang kalau sumbernya adalah diri sendiri. Saat kamu sudah bisa bahagia dengan dirimu sendiri, itu tandanya kamu juga sudah jadi seseorang yang mandiri. Happiness is your decision!

Share