Goodbye Self-Doubt

31 Aug 2020

Hitsbae, pernah nggak, kamu ngerasa ragu sama diri sendiri? Misalnya, masih ngerasa ragu buat lolos tes masuk kampus impianmu, padahal udah coba belajar dengan maksimal sampai ikut bimbingan belajar. Perasaan ragu seperti itu, biasanya disebut self-doubt. Hal ini bisa muncul soalnya kamu ngerasa takut sama hasil akhir dari apa yang sudah kamu lakukan. Jadinya, menghambat kamu untuk melakukan banyak hal. Ujung-ujungnya, kamu terus terjebak dalam keraguan. Padahal dengan melakukan banyak hal, kamu memiliki peluang lebih besar untuk menjadi diri yang lebih baik. Keraguan terhadap diri sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan cara berpikir kamu, lho! Emang cara berpikir seperti apa yang bisa mengatasi keraguan sama diri sendiri? Yuk, langsung aja simak!

Fear of Failure
Keraguan terhadap diri sendiri, biasanya muncul karena adanya perasaan takut gagal. Perasaan cemas dengan hasil akhir yang nggak sesuai harapan, meskipun sudah berusaha maksimal. Mengalami kegagalan memang hal yang menyakitkan. Tapi, bukan berarti kegagalan adalah akhir dari segalanya ya, Hitsbae! Hal ini bisa diatasi dengan mengubah cara berpikir. Misalnya, kamu mau coba bikin DIY tayday. Tapi, kamu takut hasil akhirnya nggak sesuai harapan. Jadinya kamu ragu bisa bikin tayday yang keren atau nggak. Saat hal ini terjadi, kamu cukup ingat kalau kegagalan itu bukan hasil akhir tapi bagian dari proses menuju keberhasilan. Soalnya, kegagalan yang pernah dialami bisa jadi bekal untuk masa depan.

Positive Self Talk
Manusia cenderung lebih mudah berpikir tentang hal-hal negatif. Hal ini jadi salah satu alasan munculnya keraguan terhadap diri sendiri. Padahal ada banyak hal positif dalam dirimu, lho, Hitsbae! Daripada energi terkuras dengan terus merasa ragu, lebih baik fokus pada kelebihan yang dimiliki. Misalnya, kamu hobi fotografi tapi merasa nggak percaya diri buat upload hasil karya sendiri. Well, it’s time to do a positive self-talk! Misalnya “Fotoku keren juga, kok!” Dengan positive self-talk, bisa bantu kamu buat fokus sama kelebihan dan perlahan keraguan pada diri sendiri jadi hilang. Hal ini bisa membuka lebih banyak kesempatan bagus buat kamu. Bahkan bisa mengantar kamu ke hal-hal baru yang nggak terduga dan bikin diri menjadi lebih baik.

Its Okay To Take A Break
Saat kamu terus memikirkan keraguan terhadap diri sendiri, mungkin ini saatnya untuk istirahat sejenak, Hitsbae! Misalnya, kamu lagi ada banyak kerjaan di kantor dan deadline-nya sudah dekat. Jadinya, kerjaan numpuk dalam satu waktu. Hal ini bikin kamu ngerasa ragu buat bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu. Nah, saat itulah kamu bisa coba untuk istirahat sejenak. Kamu bisa coba mengalihkan perhatian untuk sementara waktu dengan melakukan kegiatan lain. Siapa tahu pas balik lagi ngerjain kerjaan kantor, kamu dapat ide baru, kan?
Mengendalikan pikiran untuk menghilangkan keraguan terhadap diri sendiri, juga merupakan suatu bentuk kemandirian lho, Hitsbae! Soalnya, kamu sudah berusaha sendiri untuk memecahkan masalahmu. Memang, kamu juga bisa curhat sama sahabat, pacar atau keluarga. Kamu jadi bisa dapat sudut pandang baru atau solusi baru yang nggak pernah kepikiran sebelumnya. Tapi, tetap yang jadi kunci untuk menghilangkan keraguan itu adalah dirimu sendiri, Hitsbae! So, worry no more! Say goodbye to your self-doubt!

Share