Bye – bye Self-Harm, Hello Self-Love

23 Dec 2019

Self-harm adalah, peristiwa dimana seseorang melukai dirinya sendiri secara sadar dan sengaja karna didasari alasan tertentu. Biasanya terjadi untuk melampiaskan perasaan kecewa, sedih, dan bertahan dari keadaan yang sulit. Self-harm termasuk dalam kategori nonsuicidal self-injury (NSSI). NSSI adalah menyakiti tubuh secara disengaja tanpa berniat untuk bunuh diri dan untuk tujuan yang tidak disetujui secara sosial. Seseorang yang melukai dirinya sendiri sebagai cara untuk melampiaskan kesedihan atau bertahan dari keadaan yang sulit. Self-harm yang dilakukan secara fisik seperti, menyayat, mencakar, memukul, menggigit, membenturkan kepala ke dinding, menarik rambut, menelan sesuatu yang berbahaya, atau overdosis zat tertentu. 

Kalau dibiarkan, self-harm bisa berujung kematian, maka dari itu jika kamu merasa sering melakukan self-harm, beritahu orang terdekatmu untuk mendapatkan bantuan dan solusi terbaik. Here’s the tips to deal with Self-Harm:

 

Throw away Things that Possible could Hurt You

Hindari dan buang barang – barang yang sekiranya bisa berpotensi untuk kamu pakai untuk melukai dirimu, hal ini meminimalisir kamu untuk melukai diri kamu lagi ketika kamu sedang merasa terpuruk. Sebaiknya bekas luka yang didapatkan sebelumnya ditutup agar kamu tidak terpancing untuk melakukan hal yang sama lagi. 

 

Sharing with friends

Ketika kamu melakukan self-harm, hal ini biasanya terjadi karna kamu selalu merasa sendiri saat sedang menghadapi masalah yang ada. Berbagi cerita dengan temanmu bisa menjadi solusinya agar kamu tidak merasa sendiri ketika memiliki masalah. Kalo kamu merasa sulit untuk menceritakan apa yang kamu rasakan, kamu bisa membicarakan hal lain setidaknya kamu memiliki teman bicara. 

 

Dear diary

Kalau kamu merasa tidak dapat mengekspresikan apa yang kamu rasakan kepada orang terdekat, kamu bisa menulis diary dan menceritakan apa yang kamu rasakan, keluh kesahmu yang mengakibatkan kamu ingin melakukan self-harm. Kamu juga bisa menulis why you should love yourself? Because actually everybody should love their self first before anyones. Terlihat sepele, namun ketika kamu sering melakukan hal ini, kamu bisa pelan – pelan mulai mencintai diri kamu. 

 

Change your mindset

Ubahlah pola pikirmu bahwa kamu gak pantas melakukan hal tersebut. Because you are worthy, and deserve all the things in this world, just because You are You. Mulailah memikirkan resiko yang didapat jika kamu melukai diri secara terus menerus dapat berakibat yang fatal. Perlahan – lahan cobalah belajar cintai dirimu sendiri apa adanya dan menerima semuanya dengan ikhlas. 

Share