Belajar dari Kesalahan untuk Menuju Kesuksesan

27 Nov 2020

Yes! Everybody makes mistakes, but there is no mistake if you learn from it! For a moment, yang namanya gagal itu pasti sakit. Tapi, coba lihat dari sisi yang lain, kamu bisa belajar dari pengalaman. Kegagalan itu nggak pandang bulu, lho! Dari Hitsbae masih SD, SMP, SMA, kuliah, bahkan sampai yang udah bekerja pasti pernah yang namanya merasa gagal. Padahal itu cuma ada di mindset kamu aja. Makanya daripada fokus di buruknya, mending kita fokus buat jadi lebih baik.⁣

There are so many ways to work on your failure. Wajar kok Hitsbae merasa kecewa dan sedih, namanya juga manusia, tapi jangan sampai berlarut-larut. It’s time to heal your heart! Hal ini juga sama pentingnya. So, don’t let yourself be stuck in negativity! You should stop it now, and here are the reasons why!⁣

Failure Often Lead to Success⁣
Coba sebutin satu aja orang terkenal yang sukses tanpa gagal sekalipun. Dari bos Facebook sampai Tiktokers yang terkenal aja pasti pernah menghadapi kegagalan. Kalau kamu udah berhasil dalam sekali coba, bagus! Tapi kalau masih harus mencoba beberapa kali gapapa kok, Hitsbae! Kalau mau sukses emang harus berani ambil resiko dan nggak jarang kegagalan itu jadi resikonya. Kalau mereka bisa ngelewatinnya, kenapa kamu nggak? ⁣

Baca juga : Berhenti Membandingkan Orang Lain, Buat Perubahan Dari Diri Sendiri

Making Mistake Means We Are Human⁣
Like a wise man once said, there is no perfect human. Kayak kamu yang udah belajar susah payah aja bisa nggak lulus ujian. Siapa sih manusia yang sempurna? Nggak ada. Termasuk kamu juga, Hitsbae. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Be your better self! Gagal itu wajar, namanya juga manusia! Justru dari kegagalan itu, kamu bisa belajar untuk jadi lebih baik!⁣

Mistake Helps You Grow⁣
It’s human nature that nobody wants failure, we get it, Hitsbae! Tapi, jangan sampai terlalu betah di zona nyaman. Misalnya kayak kamu yang biasa bikin foto instagramable, tapi takut buat ikut kompetisi fotografi. Alasannya cuma gara-gara takut gak menang. Padahal belum berani buat nyoba. Justru rasa sakit hati dan kecewa ketika gagal bisa jadi acuan kita untuk semakin kuat dan berusaha lebih giat lagi. What doesn’t kill you makes you stronger!⁣

Seek For The Value⁣
Ingat ini selalu ya, Hitsbae; always seek for the silver linings. Coba jangan lama-lama sedihnya, Yuk mulai lihat apa aja yang bisa kamu pelajari dari pengalaman ini. Take some time to answer your question about the mistake. Coba mulai pikirkan langkah apa saja yang akan kamu ambil agar menjadi lebih baik lagi. Bisa jadi kamu lebih sukses dari yang yang kamu ekspektasikan, lho!

Share