Mau Tahu Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami, Hitsbae?

15 Mar 2021

Buat para wanita, masalah nyeri haid sudah menjadi persoalan yang harus dengan sabar dihadapi setiap bulannya. Kalau biasanya kamu harus minum obat pereda nyeri supaya merasa lebih baik, kamu juga bisa coba cara meredakan nyeri haid secara alami loh, Hitsbae! Cari tau caranya, yuk!

Kalau bicara soal nyeri haid, pasti nggak ada satupun wanita yang mau merasakan hal itu terus-menerus setiap bulannya. Setuju nggak, Hitsbae? Bagaimana enggak, biasanya saat nyeri haid melanda, kondisi ini bakal sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bikin suasana hati jadi buruk. Kalau sudah begini, jalan keluar yang harus dilakukan adalah meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek.

Namun, nggak semua orang terbiasa meminum obat pereda nyeri, alhasil mau nggak mau harus pasrah ‘menikmati’ rasa nyeri haid dengan meringkuk di tempat tidur. Padahal, meredakan nyeri haid juga bisa kok dilakukan secara alami tanpa minum obat pereda nyeri. Bagaimana caranya? Langsung simak ulasannya, yuk!

Gunakan Kompres

Mengompres perut bagian bawah kamu dengan kompres hangat dipercaya bisa membantu mengurangi rasa nyeri haid loh, Hitsbae. Namun, ternyata nggak hanya kompres hangat aja yang bisa digunakan, tapi kamu juga bisa pakai kompres dingin. Kedua jenis kompres ini juga punya manfaatnya masing-masing.

Kompres hangat sendiri akan membuat otot tubuh jadi lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu yang membantu proses vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah), sehingga bisa memperlancar peredaran darah kamu.

Sedangkan untuk kompres dingin (diisi air dingin dan es), memiliki manfaat untuk vasokonstriksi (pembuluh darah menguncup) dan penurunan metabolik, yang membantu mengontrol perdarahan dan pembengkakan karena trauma, mengurangi nyeri, dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot.

Tapi, kamu juga harus hati-hati dalam mengompres, karena bisa menyebabkan jaringan kulit mengalami nekrosis (kematian sel). Oleh karena itu, kalau mau melakukan kompres dingin sebaiknya nggak lebih dari 30 menit ya, Hitsbae.

Minuman Hangat

Minuman hangat nggak hanya nikmat diminum saat cuaca dingin aja, namun juga bisa bermanfaat saat kamu mau meredakan nyeri haid, Hitsbae. Tapi, minuman hangat yang dimaksud ini bukan kopi atau teh ya, karena kedua jenis minuman itu sejatinya memiliki kadar kafein yang justru bisa memperparah nyeri.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Badan Agar Tubuh Segar Sepanjang Hari

Jadi, minuman hangat apa yang paling cocok untuk meredakan nyeri haid? Nah, kamu bisa mencoba jahe hangat, STMJ (susu-telor-madu-jahe), dan minuman herbal lainnya.

Atur Posisi Paling Nyaman

Dalam kondisi nyeri haid yang mengganggu, pasti akan susah banget buat mencari posisi yang nyaman supaya bisa meringankan rasa nyerinya. Rasanya sekujur tubuh pun ikut merasakan nyeri, sehingga cuma bisa meringis dan mengeluh kesakitan.

Kalau memang rasa nyerinya sudah sangat mengganggu, cobalah melakukan posisi berbaring. Baringkan tubuh dengan memposisikan kaki sedikit diangkat, kemudian kaki dapat diganjal bantal atau benda lainnya. Atau kamu juga bisa berbaring dengan posisi miring dengan lutut ditekuk, Hitsbae.

Mandi Air Hangat

Kalau kamu sering dengar mitos ‘mandi malam-malam bikin rematik’, jangan khawatir karena hal itu nggak benar kok, Hitsbae. Saat haid, kamu bisa mencoba mandi air hangat, karena ini bagian dari upaya relaksasi. Namun kalau kamu mau mandi pakai air hangat, sebaiknya diperhatikan juga durasi lamanya mandi, khususnya buat kamu memiliki kulit kering.

Itu tadi beberapa cara meredakan nyeri haid yang bisa dilakukan secara alami tanpa minum obat pereda nyeri. Semoga cara-cara tadi bisa membantu kamu ya, Hitsbae!

 

Source: https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2701091/cara-alami-mengatasi-nyeri-haid

Share