Jenis Olahraga yang Bikin Kamu Tetap Sehat di Bulan Puasa

6 May 2021

Menjaga tubuh agar tetap sehat di bulan puasa rasanya udah jadi kewajiban ya, Hitsbae. Salah satu caranya adalah berolahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan pun beragam. Karena sesungguhnya, berpuasa bukan berarti kamu nggak bisa melakukan olahraga. Justru bisa banget, kok!

Berolahraga saat berpuasa mungkin terdengar sangat menguras tenaga, apalagi kondisi tubuh yang lemas karena lagi menahan lapar dan haus. Padahal, olahraga saat berpuasa bisa berdampak baik bagi kesehatan, lho. Malah, olahraga saat puasa sangat dianjurkan. Namun, kamu juga harus tau jenis olahraga apa yang boleh dilakukan saat berpuasa, Hitsbae.

Perlu kamu ketahui, olahraga fisik ketahanan, kecepatan, dan kelincahan sebaiknya dihindari sepenuhnya. Dengan kata lain, pilihlah jenis olahraga yang ringan dan berintensitas rendah. Dampak baik yang didapatkan pun nggak jauh beda kok dari jenis olahraga lainnya. Ingat juga, sesi olahraga di bulan puasa nggak boleh melebihi 60 menit, ya.

Nah, kira-kira jenis olahraga apa aja yang cocok dilakukan saat bulan puasa ya? Berikut ini beberapa di antaranya, Hitsbae.

Jalan Kaki

Walaupun terdengar simple, namun jalan kaki menjadi olahraga yang punya banyak manfaat buat tubuh, lho. Terutama untuk menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung, memperkuat tulang dan menstabilkan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan mengurangi lemak tubuh. Kamu bisa berjalan kaki di sekitar komplek rumah atau bisa juga jalan kaki di tempat, Hitsbae.

Yoga

Jenis olahraga satu ini juga sangat cocok dilakukan saat bulan puasa, Hitsbae. Yoga sendiri sangat mudah dilakukan, bahkan kamu bisa melakukannya di dalam rumah sekalipun. Tinggal putar video latihan yoga yang bisa kamu cari di YouTube, dan bersantai di depan layar laptop atau handphone sambil mengikuti sang instruktur.

Kamu bisa pilih yoga dengan intensitas rendah, seperti Sukhasana (menaruh kedua tangan di lutut sambil duduk bersila), hingga Tadasana (berdiri tegak sambil menaruh kedua tangan di sisi badan).

Bersepeda

Buat kamu yang lebih suka berolahraga di luar ruangan, bersepeda bisa jadi pilihan olahraga mengasyikkan saat puasa, Hitsbae. Makin seru lagi kalau kamu bersepeda sambil “ngabuburit”.

Bersepeda selama 30 menit pun udah memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres.

Naik-turun Tangga

Siapa yang menyangka kalau naik-turun tangga bisa jadi bagian olahraga yang menyehatkan? Nyatanya, olahraga naik-turun tangga saat puasa ini punya banyak manfaat dan berintensitas rendah.

Manfaat dari naik-turun tangga sendiri antara lain, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh dalam berolahraga, dan juga menambah kekuatan tubuh. Simple tapi bermanfaat banget, kan?

Jogging

Jogging atau lari pelan juga bisa kamu jadikan pilihan olahraga saat puasa nih, Hitsbae. Nggak perlu lari jauh-jauh ke luar rumah, kamu bisa melakukan jogging di halaman depan rumah aja. Olahraga ini bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa, lho.

Walaupun termasuk olahraga ringan, namun jogging punya banyak manfaat buat tubuh, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, dan juga menjaga berat badan tubuh.

Nah, itu tadi beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa, Hitsbae. Ingat, puasa bukanlah alasan untuk berhenti berolahraga. Olahraga ringan dengan intensitas rendah pun bisa tetap bikin tubuh sehat, kok.

 

 

Source: https://www.sehatq.com/artikel/olahraga-saat-puasa-ternyata-berdampak-baik-untuk-tubuh

Share