Jenis Makanan Sehat yang Penuhi Nutrisi Selama Puasa Ramadan

12 Apr 2021

Memasuki bulan Ramadan, umat muslim akan melaksanakan kewajiban ibadah puasa. Selama melaksanakan ibadah puasa, tubuh diharuskan menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam, Hitsbae. Nah, hal inilah yang membuat tubuh sering kali terasa lemas, apalagi kalau asupan makanan saat sahur dan berbuka nggak dijaga dengan baik.

Well, mengonsumsi makanan sehat saat berpuasa memang sangat diperlukan. Asupan nutrisi dari makanan sehat menjadi prioritas utama yang mesti dipenuhi, agar ibadah puasa bisa berjalan lancar. Supaya puasa kamu lancar, berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi selama puasa Ramadan. Simak, yuk!

Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan sehat pertama yang wajib kamu konsumsi selama puasa adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, Hitsbae. Mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat kompleks ini akan memberikan asupan glukosa yang cukup sebagai sumber energi pada tubuh.

Asupan glukosa ini akan disimpan dan menjadi cadangan energi saat kamu menjalani ibadah puasa, maka tubuh kamu jadi nggak gampang lemas walaupun harus berpuasa seharian. Karbohidrat kompleks ini bisa kamu temukan di beberapa jenis makanan, seperti nasi merah, oatmeal, pasta, roti, dan kacang almond.

Makanan Berprotein

Karbohidrat kompleks sudah, maka makanan sehat selanjutnya yang juga harus dikonsumsi saat berpuasa adalah yang mengandung protein tinggi, Hitsbae. Protein menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memproses metabolisme.

Nggak hanya penting untuk memproses metabolisme, protein juga bagus untuk memberikan energi tubuh selama berpuasa. Beberapa makanan sehat berprotein tinggi antara lain, daging, termasuk daging unggas, ikan, produk susu, telur, hingga kacang-kacangan. Kamu bisa menggonta-ganti menu makan sahur dengan berbagai pilihan protein ini, Hitsbae.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Badan Agar Tubuh Segar Sepanjang Hari

Kurma

Makanan apa yang selalu dijumpai saat bulan Ramadan? Yup, betul, kurma! Kurma sendiri sudah dikenal sebagai buah bernutrisi tinggi yang menjadi sunah Rasul. Mengonsumsi buah kurma juga dipercaya bisa mengembalikan energi tubuh yang hilang setelah berpuasa seharian.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan gula alami yang ada pada kurma, serta mengandung beberapa nutrisi lain yang baik buat tubuh. Selama berpuasa, kamu disarankan buat mengonsumsi kurma saat berbuka puasa di awal waktu, Hitsbae.

Sayuran

Jenis makanan satu ini juga nggak kalah sehat dari makanan-makanan sebelumnya, yaitu sayuran. Berbagai jenis sayur-sayuran memiliki serat larut yang sangat berguna buat menjaga sistem kerja usus. Selain itu, mengonsumsi sayur juga bisa memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah, lho!

Mengonsumsi sayur-sayuran selama menjalani puasa juga membantu mencukupi cairan tubuh dengan baik. Hal ini bisa membuat cairan tubuh yang hilang selama berpuasa akan lebih gampang dikembalikan dengan konsumsi berbagai menu olahan sayur. Kamu bisa mengolah berbagai jenis sayur menjadi sup, Hitsbae!

Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan selama menjalani puasa juga nggak kalah pentingnya dari mengonsumsi sayur-sayuran, Hitsbae. Buah-buahan sendiri dikenal memiliki banyak sumber vitamin dan mineral tinggi yang bermanfaat buat tubuh. Nggak heran kalau mengonsumsi buah-buahan juga bisa memenuhi cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Manfaat ini bisa kamu temukan dalam buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti melon dan semangka yang bisa kamu jadikan menu pendamping saat berbuka puasa maupun sahur. Buah-buahan tersebut bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, lho!

Minuman

Nggak hanya makanan aja yang harus sehat, asupan minuman selama puasa pun harus diperhatikan, Hitsbae. Seperti yang diketahui, berpuasa selama sehari penuh bisa menguras cadangan cairan dalam tubuh. Maka dari itu, kamu harus segera kembalikan cairan tersebut agar tubuh nggak dehidrasi.

Selama puasa, kamu disarankan minum 5 gelas air putih saat sahur dan 5 gelas air putih saat berbuka. Cara seperti ini nyatanya cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Nggak hanya air putih, kamu juga bisa kok mengonsumsi susu, jus buah, dan smoothies tanpa gula tambahan.

Nah, sekarang sudah tau kan makanan sehat yang harus dikonsumsi selama puasa Ramadan? Jangan lupa mengonsumsi jenis-jenis makanan tadi supaya puasa kamu tetap lancar, Hitsbae!

 

 

Source: https://www.merdeka.com/jateng/6-makanan-sehat-selama-puasa-ramadan-penuhi-asupan-nutrisi-baik-kln.html

Share