Cara Menghilangkan Bau Badan Agar Tubuh Segar Sepanjang Hari

7 Apr 2021

Punya aroma tubuh yang nggak sedap pasti bikin seseorang nggak percaya diri. Kalau kamu punya permasalahan ini, simak cara menghilangkan bau badan berikut ini, Hitsbae!

Bau badan menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi seseorang. Kalau kamu mengira bau badan disebabkan oleh banyaknya keringat di tubuh, sebenarnya itu nggak sepenuhnya benar, Hitsbae. Sebenarnya, yang memicu bau badan itu bukan karena keringatnya, melainkan bakteri yang ada di kulit.

Ketika tubuh menghasilkan banyak keringat, bakteri yang ada di kulit bisa dengan mudahnya berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, hal inilah yang bikin aroma tubuh jadi nggak sedap.

Nggak hanya bakteri di kulit aja yang bisa menyebabkan bau badan, tapi kondisi ini juga bisa dipengaruhi sama perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Ini juga yang menjadi alasan mengapa remaja yang sedang di masa pubertas lebih sering mengalami bau badan, Hitsbae.

Nah, buat kamu yang mau mengatasi bau badan mengganggu, ada beberapa cara menghilangkan bau badan dan bikin tubuh kamu segar sepanjang hari, berikut ini ulasan selengkapnya.

Mandi Secara Teratur

Cara satu ini adalah cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan, Hitsbae. Yup, kamu harus mandi secara teratur sebanyak 2-3 kali sehari. Saat mandi pun, kamu harus memastikan seluruh area tubuh yang sering berkeringat seperti ketiak, paha, bokong, dan juga area intim, dibasuh dengan bersih dan menyeluruh.

Setelah mandi, kamu juga harus pastikan tubuh benar-benar kering. Terutama di area yang banyak berkeringat tadi, Hitsbae.

Gunakan Sabun Antibakteri

Selain mandi secara teratur, sabun yang digunakan saat mandi pun harus yang antibakteri, Hitsbae. Sabun antibakteri sendiri bisa mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan, sehingga aroma tubuh nggak sedap pun akan berkurang. Namun, kalau kamu punya kulit yang sensitif, sabun jenis ini mungkin nggak cocok kamu gunakan.

Baca juga : Mau Tahu Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami, Hitsbae?

Kenakan Pakaian Bersih dan Menyerap Keringat

Penting buat kamu untuk selalu mengenakan pakaian yang bersih, dan juga disesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan. Sebaiknya kenakan pakaian yang gampang menyerap keringat, yaitu yang berbahan katun. Pakaian berbahan ini tentunya nggak bikin tubuh kamu merasa gerah dan bisa mengurangi keringat berlebih.

Perhatikan Asupan Makan

Faktor lain yang juga menjadi penyebab bau badan adalah jenis makanan, Hitsbae. Ternyata beberapa jenis makanan bisa menyebabkan produksi keringat lebih banyak dan bau dari biasanya, loh. Makanan tersebut antara lain, makanan pedas, berlemak, dan makanan yang mengandung bahan berbau tajam seperti bawang. Sebaiknya kamu batasi asupan jenis makanan tersebut kalau mau bau badan berkurang ya, Hitsbae.

Gunakan Deodoran

Biasanya, bau badan selalu dikaitkan dengan bau ketiak. Wajar aja sih, karena ketiak memang area yang banyak mengeluarkan keringat. Buat mengatasinya, kamu bisa menggunakan deodoran, antiperspiran, atau produk yang mengandung kombinasi dari keduanya, Hitsbae.

Deodoran sendiri biasanya mengandung alkohol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Sementar itu, antiperspiran mengandung senyawa aluminium yang bisa mengurangi produksi keringat berlebih.

Gunakan Pucelle Icy Gel Cologne

Setelah beberapa cara tadi dilakukan, kamu juga bisa menambah wewangian agar tubuh tetap segar wangi dan bisa menutupi aroma tubuh nggak sedap sepanjang hari. Kamu bisa menggunakan Pucelle Icy Gel Cologne yang memberikan rasa segar dan sensasi dingin (cooling agent) sekaligus bisa menjaga kelembapan kulit dan tubuh, Hitsbae.

Pucelle Icy Gel Cologne punya tiga varian yang bisa kamu pilih, yaitu Romantic Freeze buat kamu yang berjiwa bebas dan bersemangat, Freezy Aurora buat kamu yang berjiwa lembut dan romantis, dan ada juga Winter Sport buat kamu yang enerjik dan natural.

Ketiga varian Pucelle Icy Gel Cologne tadi bisa kamu beli di sini, Hitsbae!

 

 

Source: https://www.alodokter.com/ini-cara-menghilangkan-bau-badan-dengan-mudah

Share