Mood Swing Bikin Malas Beraktivitas? Begini Cara Mencegahnya!

7 Jun 2021

Mood swing atau perubahan mood secara mendadak, seringkali dialami perempuan. Dari yang awalnya merasa senang dan tertawa gembira, bisa tiba-tiba menjadi marah atau sedih seketika tanpa alasan yang jelas. Kamu pernah mengalaminya, Hitsbae?

Mood swing sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari PMS, PMDD, stres, hingga faktor psikiatri. Namun, kondisi mood swing yang nggak ditangani dengan baik malah bisa mengganggu aktivitas kamu, lho. Kira-kira, gimana cara mencegah agar hal ini nggak terjadi, ya? Yuk, langsung simak ulasannya!

Buat Jurnal untuk Lacak Perubahan Suasana Hati

Kalau kondisi mood swing ini nggak hanya sekali kamu alami, kamu bisa coba untuk melacak mood dengan cara menggunakan jurnal harian. Tulislah kegiatan dan emosi apa aja yang kamu rasakan sepanjang hari sebelum tidur.

Setelah menulis secara rutin selama seminggu, kamu bisa tau emosi apa aja yang dirasakan dan mana yang lebih dominan, serta kegiatan apa aja yang jadi trigger dari mood swing yang kamu alami.

Perbaiki Kualitas Tidur

Perlu kamu ketahui, kondisi tubuh yang lelah dan kurang istirahat juga bisa membuatmu kesulitan mengontrol emosi, Hitsbae. Nggak hanya itu, tubuh yang lelah bisa bikin pikiran jadi kacau dan mudah menyimpang ke hal negatif.

Untuk itu, penting banget untuk melakukan kebiasaan sederhana yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Misalnya, tidur setengah jam lebih awal, dengarkan musik yang membuat rileks, atau meditasi.

Kurangi Konsumsi Kafein, Soda, dan Alkohol

Kalau kamu salah satu orang yang butuh secangkir kopi setiap harinya, sayangnya kafein menjadi kandungan yang bisa memperparah mood swing, Hitsbae.

Selain kafein, soda pun bisa membuat kamu sulit tidur, jadi kualitas tidur pun akan menurun. Nggak hanya itu, alkohol juga bisa membuat kamu merasakan banyak emosi dalam satu waktu. Untuk itu, sebaiknya kamu jangan terlalu sering mengonsumsi ketiga jenis minuman tersebut, Hitsbae.

Pelajari Cara Mengontrol Stres

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, stres bisa jadi pemicu mood swing, Hitsbae. Dengan belajar mengontrol stres, kamu bisa loh mencegah terjadinya perubahan mood secara mendadak.

Cobalah untuk melakukan apa pun yang bisa membantumu merasa rileks. Bisa dengan meditasi, latihan pernapasan, atau kegiatan menyenangkan lainnya, seperti memasak atau melakukan hobi kamu.

Membangun Rutinitas Harian

Ternyata, terlalu sering mengganti rutinitas bukan suatu kebiasaan yang baik, lho, Hitsbae. Kamu bisa lebih mudah stres, sehingga rentan mengalami mood swing.

Buat mencegah hal ini, cobalah membiasakan diri untuk menjalani rutinitas harian. Dengan mengetahui apa aja kegiatan yang akan dilakukan, kamu jadi bisa menjalani hari lebih tenang dan teratur.

Olahraga Teratur

Kamu pasti udah paham deh, kalau olahraga emang punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Namun selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental, lho.

Ketika berolahraga, tubuh akan memproduksi endorfin dan hormon yang membuat kamu merasa lebih baik. Nggak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga sedang selama 30 menit, lima hari dalam seminggu.

Nah, dari semua cara mencegah mood swing tadi, mana yang udah kamu terapkan di kehidupan sehari-hari, Hitsbae? Semoga informasi tadi bermanfaat buat kamu, ya!

 

 

Source: https://journal.sociolla.com/lifestyle/mencegah-mood-swing?page=all

Share