Kamu Bisa Baca Novel atau Buku Gratis di 4 Aplikasi Ini, Loh!

7 Apr 2021

Di jaman yang semakin modern ini, segala sesuatunya pun dilakukan serba digital, termasuk membaca buku. Kalau biasanya kamu membaca buku dalam bentuk fisik, sekarang kamu bisa membaca buku dengan versi digital atau biasa disebut e-book, apapun kategori bukunya. Menariknya, buku digital ini bisa dibaca secara gratis loh, Hitsbae!

Sekarang ini udah banyak aplikasi-aplikasi di Play Store maupun App Store yang menyediakan ribuan buku gratis untuk dibaca. Buku-bukunya pun banyak kategorinya, mulai dari novel fiksi sampai buku referensi kuliah buat para mahasiswa. Penasaran aplikasi apa aja yang bisa kamu gunakan untuk baca novel atau buku lainnya secara gratis? Beberapa aplikasi berikut ini wajib kamu unduh, Hitsbae!

iPusnas

Aplikasi besutan Perpustakaan Nasional ini bisa menjadi alternatif yang paling cocok untuk para mahasiswa yang nggak bisa berkunjung langsung ke perpustakaan, Hitsbae. Di sini kamu bisa menemukan banyak koleksi buku, mulai dari budaya, kuliner, kesehatan, pendidikan, hingga motivasi.

Bahkan, kamu juga bisa menjumpai novel dari penulis terkenal seperti Tere Liye di aplikasi ini. Kamu hanya perlu registrasi terlebih dahulu supaya bisa meminjam buku. Untuk membacanya, kamu tinggal menggunakan fitur ­e-reader yang ada pada aplikasi. Setiap harinya, kamu hanya bisa meminjam maksimal 3 buku aja, Hitsbae.

iJakarta

Masih serupa dengan iPusnas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memiliki aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yaitu iJakarta, Hitsbae. Pada tahun peluncurannya yaitu 2015, aplikasi ini pun mendapat dukungan dari berbagai penerbit buku seperti Gramedia, Mizan, Erlangga, dan masih banyak lagi.

Tampilan aplikasi iJakarta pun nggak jauh berbeda dengan iPusnas, kamu juga harus registrasi terlebih dahulu. Buku-buku di iJakarta ini bisa kamu pinjam dengan batas waktu selama 4 hari aja, setelah batas waktunya habis, maka buku akan dikembalikan secara otomatis.

Wattpad

Berbeda dari dua aplikasi sebelumnya, Wattpad sendiri merupakan aplikasi buatan Kanada. Buat kamu yang suka baca novel mulai dari genre horor, romansa, hingga sci-fi pasti bakal suka banget sama aplikasi ini. Nggak hanya membaca novel, kamu bahkan juga bisa menulis novel karya tulisan sendiri loh, Hitsbae.

Baca juga : Rekomendasi Buku Inspiratif yang Bikin Kamu Makin Positif!

Kamu bisa mengunggah karya kamu dengan fitur create, lalu membagikan hasil tulisan tersebut untuk dibaca pengguna aplikasi lainnya. Nggak jarang banyak penulis terkenal yang mengawali karirnya dari menulis di Wattpad, loh.

Amazon Kindle

Kalau kamu suka baca buku-buku berbahasa Inggris, aplikasi Amazon Kindle wajib kamu unduh, Hitsbae. Nggak perlu khawatir kalau kesusahan menerjemahkan kosakata yang sulit dipahami dari dalam novel, karena aplikasi ini udah dilengkapi dengan kamus, Google serta Wikipedia Kindle.

Dengan cara menekan dan menahan lama kata yang dipilih, maka akan keluar definisi atau penjelasan dari Google atau Wikipedia. Selain itu, Kindle juga menyediakan fitur di mana penggunanya bisa meminjam novel digital di perpustakaan terdekat, Hitsbae.

Nah, sekarang kamu udah tau kan aplikasi-aplikasi buat baca buku gratis? Dijamin baca buku jadi lebih mudah dan praktis, Hitsbae!

 

 

Source: www.idntimes.com/life/education/dwi-lestari-1/aplikasi-baca-novel-atau-buku-gratis-c1c2/5

Share