5 Buku Ini Ternyata Diangkat Jadi Film Pemenang Oscar, Lho!

14 May 2021

Banyak film yang diadaptasi dari buku dan memenangkan berbagai penghargaan. Seperti halnya lima buku berikut ini yang diangkat jadi film dan jadi pemenang Oscar, Hitsbae!

Ajang bergengsi penghargaan film-film terbaik seperti Academy Award atau biasa disebut Oscar, tentu jadi acuan para movie lover buat menikmati film kualitas terbaik. Ternyata, dari sekian banyak pemenang piala Oscar, beberapa film ikonisnya diadaptasi dari buku pemenang penghargaan pula. Salah satu yang paling terkenal adalah The Lord of The Rings.

Nggak hanya itu, masih banyak buku menarik lainnya yang juga diangkat ke dalam sebuah film. Buat kamu yang lagi cari referensi bacaan, berikut ini lima judul buku yang diangkat menjadi film-film ikonis pemenang Academy Award.

Forrest Gump – Winston Groom

Amazon.com

Film ikonis yang rilis pada tahun 1994 dan dibintangi oleh aktor ternama Tom Hanks, yaitu Forrest Gump merupakan adaptasi layar lebar dari novel berjudul sama karya Winston Groom. Menceritakan kisah Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibunya dengan penuh perjuangan.

Baca juga : Kamu Bisa Baca Novel atau Buku Gratis di 4 Aplikasi Ini, Loh!

Forrest sering diejek dan dijauhi oleh teman-temannya karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata dan keterbatasan fisiknya. Namun, di luar itu semua, ia memiliki kemampuan lari yang cepat. Film ini bahkan berhasil membawa pulang enam piala Oscar, Hitsbae.

The Lord of The Rings: The Return of The King – J.R.R. Tolkien

moviesanywhere.com

Nggak hanya satu, namun adaptasi trilogi dari The Lord of The Rings besutan Peter Jackson memang menjadi buah bibir di antara para pencinta bukunya sejak film pertama. Namun, film terakhir dari trilogi inilah yang dianggap paling sukses.

Film yang diangkat dari novel karya J.R.R. Tolkien itu berhasil memenangkan 11 piala Oscar, termasuk Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Art Direction, dan Best Costume Design.

Q & A (Slumdog Millionaire) – Vikas Swarup

Amazon.in

Film berjudul Slumdog Millionaire sempat menuai kesuksesan besar saat rilis di tahun 2008 dan berkompetisi di Academy Award tahun berikutnya. Film yang diadaptasi dari novel Q & A karya Vikas Swarup ini menceritakan kisah Jamal Malik, seorang pemuda asal daerah kumuh di Mumbai yang berhasil memenangkan kuis “Who Wants to Be a Millionaire?” versi India.

Film ini bahkan memenangkan delapan penghargaan dari sepuluh nominasi yang dikantonginya, Hitsbae. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari mahakarya ini, lho!

The Story of The Trapp Family Singers (The Sound of Music) – Maria Augusta Trapp

Amazon.com

The Sound of Music bisa dibilang menjadi salah satu film musikal paling ikonis dalam sejarah perfilman dunia, Hitsbae. Film yang diangkat dari memoir keluarga von Trapp, The Story of The Trapp Family Singers ditulis oleh Maria Augusta Trapp.

Maria Trapp sendiri adalah mantan calon biarawati dari Austria yang dikirim ke kediaman Baron von Trapp sebagai pengasuh ketujuh anaknya di tahun 1938. Setelah mengembalikan kebahagiaan keluarga tersebut dengan memperkenalkan musik, Maria pun dinikahi oleh sang baron.

Life of Pi – Yann Martel

Amazon.com

Novel Life of Pi yang ditulis oleh Yann Martel ini sebenarnya sangat laris manis di pasaran, namun banyak yang menyebut kalau buku ini ‘nggak bisa difilmkan’. Banyak sineas yang mundur dari adaptasi buku ini ke layar lebar karena merasa ceritanya terlalu sulit.

Namun, sutradara Ang Lee berhasil menjadikannya sebuah film yang apik dan bahkan sampai berhasil memenangkan empat piala Oscar, lho.

Baca juga : Rekomendasi Buku Inspiratif yang Bikin Kamu Makin Positif!

Itu dia kelima buku yang diangkat ke dalam film yang berhasil memenangkan piala Oscar, Hitsbae. Buku-buku tadi bisa jadi referensi bacaan kamu kalau lagi bosan, lho. Selamat membaca, ya!

 

 

Source: https://www.merdeka.com/gaya/15-buku-yang-diangkat-jadi-film-ikonis-pemenang-oscar.html

Share