Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes

6 May 2021

Kamu yang sering pakai parfum, pasti udah nggak asing lagi kan sama istilah Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes?

Istilah-istilah tersebut mungkin udah sering didengar, tapi buat yang masih pemula dalam dunia parfum, istilah top notes, middle notes, dan base notes pasti masih bikin kamu bingung. Padahal beberapa istilah ini bisa membantu kamu buat mencari parfum yang sesuai dengan kebutuhan dan wangi kesukaan, lho. Memangnya, apa sih yang dimaksud dengan ketiga istilah tersebut?

Biar kamu nggak bingung saat beli parfum yang sesuai dengan keinginan, sebaiknya kamu pahami dulu apa yang dimaksud dengan top notes, middle notes, dan base notes pada parfum. Let’s check this out!

Top Notes

Berada di posisi atas, yang dimaksud top notes adalah aroma parfum yang pertama kali tercium oleh hidung kita. Dengan kata lain, top notes juga bisa diartikan sebagai first impression dari parfum yang kamu coba.

Baca juga : Perawatan Wajah Secara Alami, Cara Agar Kulit Tetap Sehat

Yang perlu kamu pahami, aroma pada bagian top notes biasanya nggak bertahan lama, hanya bertahan sekitar 5 – 15 menit pertama aja, Hitsbae. Hal ini dikarenakan top notes biasanya punya struktur molekul yang super ringan. Jenis top notes yang umum dijumpai adalah kelompok citrus, buah-buahan, dan herbs.

Middle Notes

Selanjutnya adalah aroma middle notes, yang akan dirasakan setelah aroma top notes pudar. Middle notes sendiri juga dikenal dengan istilah heart notes, yang diibaratkan sebagai hidangan utama dari sebuah perjamuan. Inti atau jantung dari si parfum ini ada di middle notes, Hitsbae.

Pada umumnya, aroma middle notes bisa bertahan sekitar 20 – 60 menit. Jenis middle notes biasanya berupa campuran dari aroma buah-buahan dan floral, atau campuran aroma eksotis dari rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan kapulaga.

Base Notes

Nah, setelah aroma middle notes mulai menguap, maka selanjutnya kamu akan merasakan aroma base notes, Hitsbae. Base notes akan berbaur dengan middle notes untuk menciptakan satu keutuhan aroma yang menjadi identitas parfum tersebut. Aroma inilah yang nantinya akan bertahan dan menempel lama hingga berjam-jam di tubuh kamu.

Baca juga : Contek Warna Rambut yang Ngetren di 2021 Ini Yuk, Hitsbae!

Base notes sendiri biasa disebut sebagai fondasi sekaligus penutup dari rangkaian sebuah parfum. Aroma base notes yang biasanya dijumpai adalah cedarwood, sandalwood, vanilla, oakmoss, musk, amber, dan patchouli.

Itu tadi penjelasan singkat tentang istilah top notes, middle notes, dan base notes yang ada pada parfum, Hitsbae. Mulai sekarang, kamu udah bisa pilih parfum yang sesuai sama wangi favorit kamu, deh!

 

 

Source: https://cewekbanget.grid.id/read/062569047/buat-pemula-ini-arti-top-notes-middle-notes-base-notes-pada-parfum?page=all

Share