Kenali 5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanan Wanginya, Yuk!

11 May 2021

Memakai parfum yang wanginya tahan lama tentu jadi keinginan banyak orang ya, Hitsbae. Biar kamu nggak salah pakai, kamu harus paham nih sama jenis parfum yang punya tingkat ketahanan wangi yang berbeda.

Parfum bisa dibilang menjadi kebutuhan pokok yang nggak hanya untuk menunjang penampilan, namun juga mencerminkan karakter yang memakainya. Bahkan, parfum juga bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang dalam lingkup pergaulannya. Pasti nggak mau kan kalau orang di dekat kamu mencium aroma tubuh kamu yang nggak sedap?

Itulah kenapa parfum yang memiliki wangi tahan lama menjadi incaran kebanyakan orang. Sebenarnya, parfum sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan berdasarkan ketahanan wanginya lho, Hitsbae.

Nah, biar kamu nggak salah beli parfum dan masih bingung dengan jenis parfum apa yang paling cocok, kamu bisa cari tau tentang jenis parfum berikut ini. Yuk, langsung simak!

Eau Fraiche

Jenis parfum satu ini menjadi jenis yang paling ringan, Hitsbae. Eau Fraiche mengandung antara 1 hingga 3 persen minyak esensial. Konsentrasinya yang sangat kecil ini membuat parfum jenis Eau Fraiche jadi sangat ringan dan bisa menghilang dalam 1 atau 2 jam setelah disemprotkan.

Baca juga : Rekomendasi Parfum Wanita dari Pucelle Audacity Le Parfum

Eau Fraiche juga nggak mengandung alkohol dalam jumlah tinggi, melainkan lebih banyak mengandung air. Jadi, ini sangat cocok buat kamu yang nggak terlalu suka memakai jenis parfum yang mengandung banyak alkohol.

Eau de Cologne

Selanjutnya ada jenis parfum Eau de Cologne atau EDC, yang memiliki konsentrasi wewangian yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Eau Fraiche. Pasti kamu udah nggak asing kan sama jenis parfum satu ini, Hitsbae?

Eau de Cologne biasanya punya konsentrasi aroma sebanyak 2 hingga 4 persen dan konsentrasi alkohol yang tinggi. Jenis parfum yang juga umum disebut cologne ini merupakan pilihan wewangian yang memiliki ketahanan sekitar 2-3 jam. EDC dalam pasaran biasa dikenal dengan Body Mist, Body Spray, atau Body Splash. Fyi, beberapa produk Pucelle umumnya merupakan jenis parfum ini lho, Hitsbae!

Eau de Toilette

Selain Eau de Cologne, jenis parfum lainnya adalah Eau de Toilette (EDT) yang terkenal mengandung sekitar 5-15 persen minyak parfum, Hitsbae. Umumnya, jenis parfum EDT bakal bertahan lama di tubuh antara 4 hingga 7 jam.

Istilah eau de toilette sendiri berasal dari bahasa Prancis yaitu “faire sa toilette” yang berarti bersiap-siap. Parfum ini juga cenderung lebih berat dibandingkan Cologne dan Eau Fraiche. Jadi, kamu hanya perlu menggunakannya dalam jumlah kecil.

Eau de Parfum

Jenis parfum satu ini tentunya udah sering kamu temui di pasaran, Hitsbae. Eau de Parfum atau EDP merupakan jenis parfum yang memiliki wangi terbilang cukup kuat. Jenis parfum ini mengandung antara 10-20 persen minyak parfum dan merupakan pilihan paling populer sebagai wewangian.

EDP sendiri umumnya akan bertahan sekitar 8 jam, dan jenis parfum ini termasuk yang paling umum dan cocok untuk dipakai sehari-hari. Jenis parfum Eau de Parfum ini bisa kamu coba pada Pucelle Audacity Le Parfum, Hitsbae!

Parfum

Jenis parfum yang terakhir adalah parfum, dikenal juga sebagai extrait de parfum atau parfum murni yang memiliki konsentrasi wewangian tertinggi. Parfum bisa mengandung aroma mulai dari 15 hingga 40 persen, tapi konsentrasi umumnya antara 20 hingga 30 persen untuk sebagian besar parfum.

Dari semua jenis wewangian tubuh, parfum merupakan jenis yang bertahan paling lama. Selain itu, harga parfum juga cenderung lebih mahal karena punya kadar alkohol jauh lebih sedikit dibandingkan jenis wewangian lainnya. Pemakaiannya pun cuma dioleskan pada titik-titik tertentu dan nggak digunakan di seluruh tubuh.

Baca juga : Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Top Notes, Middle Notes, dan Base Notes

Itulah beberapa jenis parfum yang harus kamu pahami berdasarkan ketahanan wanginya, Hitsbae. Kalau kamu, lebih sering pakai jenis parfum yang mana, nih?

 

 

Source: https://www.merdeka.com/jabar/5-jenis-parfum-berdasarkan-ketahanan-wanginya-cegah-bau-badan-kln.html?page=all

Share