Hati-hati, Ini Tanda Skincare yang Kamu Gunakan Nggak Cocok!

11 May 2021

Sekarang ini, skincare udah menjadi kebutuhan wajib para perempuan untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Kamu pasti punya deh, minimal satu produk skincare yang selalu dipakai setiap hari. Atau ada salah satu produk skincare yang udah menjadi holy grail kamu dalam menangani masalah kulit.

Namun, kenyataannya nggak semua produk skincare bisa cocok untuk kulit setiap orang. Kalau kamu sering tergiur dengan review produk skincare yang mengatakan bahwa produk tersebut sangat cocok di kulit mereka, belum tentu produk tersebut juga akan cocok di kulitmu, Hitsbae. Oleh karena itu, pencarian produk skincare yang cocok di kulit memang susah-susah gampang.

Saat produk skincare yang digunakan nggak cocok di kulit, tentu ada berbagai reaksi yang dirasakan. Apa aja sih tanda-tanda skincare yang kamu gunakan nggak cocok di kulitmu? Berikut ini beberapa di antaranya.

Kemerahan Pada Kulit

Kalau muncul kemerahan pada kulit kamu, kemungkinan besar kamu nggak cocok dengan skincare yang digunakan, Hitsbae. Hal ini nggak boleh diremehkan, karena kulit yang kemerahan biasanya terjadi ketika kandungan bahan skincare yang digunakan terlalu keras sehingga bisa memberikan efek kulit seperti terbakar. Hentikan pemakaian kalau udah timbul efek ini, ya, Hitsbae!

Muncul Banyak Jerawat

Tanda satu ini mungkin sering kali terjadi saat baru menggunakan produk skincare, Hitsbae. Yup, muncul banyak jerawat bisa jadi pertanda kalau kamu nggak cocok dengan skincare yang digunakan. Kalau hal ini terjadi pada kulitmu, segeralah menghentikan penggunaan produk skincare tersebut karena bisa aja bahan kandungannya membuat kulit kamu jadi tersumbat.

Kulit Mengelupas

Jangan anggap kulit mengelupas merupakan tanda bahwa kulit sedang berganti dengan yang baru, ini bisa jadi pertanda kalau kamu nggak cocok dengan produk skincare yang digunakan, Hitsbae! Kalau dibiarkan hal tersebut terjadi, lapisan kulit kamu bisa terus menipis.

Nggak Terjadi Perubahan

Ketika menggunakan produk skincare, tentu kamu ingin melihat perubahan yang terjadi pada kulitmu. Karena produk skincare yang dipakai harusnya memiliki kemajuan atau hasil yang terlihat. Namun, kalau hal ini nggak terjadi padamu, bisa jadi ini merupakan tanda kalau kulit kamu nggak cocok dengan skincare tersebut.

Baca juga : Perawatan Wajah Secara Alami, Cara Agar Kulit Tetap Sehat

Kulit Jadi Lebih Sensitif

Meningkatnya sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari juga bisa jadi pertanda kalau kamu nggak cocok dengan suatu produk skincare, Hitsbae. Dari hal ini, kulit kamu bisa berubah jadi kemerahan yang dibarengi dengan munculnya jerawat.

Biasanya ini terjadi ketika kamu menggunakan produk perawatan untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan aktif, sebaiknya jangan lupa buat tetap menggunakan sunscreen supaya kulit kamu tetap terlindungi, Hitsbae.

Kulit Terasa Kencang dan Perih

Kamu perlu waspada kalau kulit wajah terasa kencang sekaligus perih sehabis menggunakan skincare, Hitsbae. Jangan menganggap hal tersebut hanya efek sementara saat menggunakan skincare, karena hal ini bisa jadi tanda kamu nggak cocok saat memakai skincare dengan menunjukkan efek kulit kencang dan perih.

Kulit Jadi Lebih Berminyak

Tanda terakhir yang menandakan kulit kamu nggak cocok dengan produk skincare adalah saat kulit wajahmu jadi lebih berminyak, Hitsbae. Meski ini nggak terlalu berbahaya, namun kalau dibiarkan terlalu lama maka kulit kamu bisa bermunculan banyak jerawat baru atau biasa disebut breakout.

Itulah beberapa tanda kalau produk skincare yang kamu gunakan ternyata nggak cocok di kulitmu, Hitsbae. Sebaiknya segera hentikan penggunaan skincare kalau tanda-tanda tadi menimpa kulitmu dan konsultasikan dengan dokter kulit terpercaya, ya.

 

 

Source: https://www.popbela.com/beauty/skin/vidya-tarigan/tanda-nggak-cocok-saat-memakai-skincare

Share