Aroma Parfum Bisa Berbeda Pada Tiap Orang? Begini Alasannya!

21 Dec 2021

Hitsbae, kamu pernah nggak sih mencium aroma parfum teman atau seseorang yang dikenal lalu penasaran parfum apa yang mereka pakai? Hal ini kadang bikin kamu penasaran dan mau mencoba parfum yang sama dengan mereka.

Namun, pernah nggak setelah kamu membeli parfum yang sama persis, tapi justru aromanya terasa berbeda dengan yang kamu pernah cium sebelumnya? Kalau pernah, ternyata itu karena parfum emang bisa memiliki wangi yang berbeda pada tiap orang, Hitsbae!

Pasti kamu bingung kan kenapa bisa seperti itu? Well, nggak perlu bingung, karena ada beberapa alasan kenapa aroma parfum bisa berbeda pada tiap orang. Yuk, simak ulasannya!

Perbedaan jenis kulit

Ternyata perbedaan jenis kulit bisa memengaruhi aroma parfum pada tubuh, Hitsbae. Kalau kamu punya kulit yang sangat kering, sebaiknya pakai parfum dengan aroma dasar kuat buat menahan wanginya tetap lama pada tubuh. Jangan lupa gunakan pelembap dulu supaya wewangian bisa tahan lama, ya!

Nah, untuk kulit berminyak, parfum nyatanya bisa tercium lebih intens karena molekul aroma lebih lama bertahan di kulit. Maka dari itu, aroma dasar dalam parfum yang terlalu manis bisa aja bikin kamu yang punya kulit berminyak pusing karena terlalu berat. Supaya lebih sederhana, sebaiknya pilih aroma dasar seperti fruity dalam parfum kamu.

Kondisi tubuh

Selain karena jenis kulit, kondisi tubuh juga bisa jadi pengaruh kenapa aroma parfum berbeda. Kadar pH kulit, keasaman lemak pada kulit, keseimbangan hormon saat mencium parfum, dan pola makan bisa memengaruhi keharuman parfum pada kulit.

Ditambah lagi, umur, jenis keringat, dan kelembapan kulit juga menjadi faktor yang memengaruhi reaksi parfum, Hitsbae.

Pewangi pada pakaian

Supaya tetap menjaga aroma asli parfum seutuhnya, sebaiknya pakai pewangi pada kain. Karena pewangi pakaian bakal bersentuhan langsung dengan kulit, jadi wanginya mengandung panas tubuh dan aroma pribadi kamu.

Maka dari itu, parfum yang tercampur di pakaian akan menghasilkan aroma yang cocok dengan kamu, Hitsbae. Perbedaan pewangi pakaian ini juga bisa menjadi alasan aroma parfum berbeda pada tiap orang.

Tahapan aroma parfum

Sebuah tahapan evaporasi yang dihasilkan parfum mulai dari 15 menit setelah disemprotkan hingga di tahapan akhir setelah 5-6 jam pemakaian akan berbeda. Kenapa? Karena parfum punya tiga aroma dasar yakni top notes, middle notes, dan base notes yang memungkinkan wanginya terus berkembang sepanjang hari. Hal ini bisa membuat aroma parfum yang kamu cium berbeda, Hitsbae.

Keadaan lingkungan

Satu lagi, kamu pernah mencium aroma parfum pada tubuh yang nggak sama aromanya seperti saat kamu mencoba langsung di store? Kalau kamu pernah begini, ternyata hal ini disebabkan karena kondisi lingkungan sekitar. Aroma parfum bisa aja terpengaruhi oleh bau tanah ataupun lokasi saat kamu mencium parfum tersebut.

Itu tadi beberapa alasan kenapa aroma parfum bisa berbeda pada tiap orang, Hitsbae. Kamu pernah merasakan hal tersebut?

 

 

Source: https://journal.sociolla.com/beauty/alasan-kenapa-aroma-parfum-bisa-beda-tiap-orang

Share